Rabu, 02 November 2016

Review Band : MY PROJECT NEVER DIE


Tak dapat dipungkiri, penikmat musik di Banua semakin lama semakin meningkat. Para remaja Banjarmasin pun menyambut hangat acara-acara yang disuruhkan oleh para Event Organizer baik yang sudah profesional maupun EO Kampus. Antusiasme yang diberikan oleh para penikmat gigs ini pun membuat para EO khususnya EO Kampus yang mengadakan acara dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman menjadi lebih bersemangat dalam perencanaan menggarap acara agar mendapat hasil yang maksimal dan memuaskan hati penonton.

Kesukesesan sebuah acara merupakan hasil dari sebuah perencaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Yakni mengonsep acara dengan matang, pelobbyan proposal yang maksimal, memikirkan art untuk venue dan panggung, memilih band yang tampil, serta promosi yang gencar. Terutama untuk para performing, harus benar-benar selektif dalam memilih band yang akan tampil. Apakah genre band tersebut sesuai dengan tema acara ? apakah band tersebut bisa diajak bekerja sama dengan baik ?

Bicara masalah band, band My Project Never Die atau biasa disingkat M.P.N.D adalah salah satu band Banua yang pernah menginjak stage Music Generations Poliban di acara Satukan Perbedaan #2. Band bergenre Post-Hardcore dari Banjarmasin ini beranggotakan 5 orang yang terdiri oleh Fauzi, Helmy, Adi, Bayu, Ucaa dan Ben. M.P.N.D terbentuk pada tanggal 24 Juni 2014, dan didirikan atas dasar kecintaan setiap personilnya terhadap musik.

M.P.N.D menawarkan sebuah konsep musik yang agak berbeda dari band Banua lainnya, dengan cara mencoba memasukkan elemen-elemen musik seperti elektronik, orchestra, blues, jazz, dsb kedalam sebuah genre Post-Hardcore yang menghentak, memberi semnagt, membakar jiwa muda, serta berdistorsi tinggi untuk menghasilkan sebuah musik yang out of the box dengan nilai musikalitas tinggi serta tidak membosankan.

Band dengan 6 personil tentu mempunyai 6 latar belakang yang berbeda pula alasannya untuk bergabung dalam band, namun mereka disatukan dengan visi dan misi yang rata-rata hampir sama. Salah satunya adalah bertekad untuk mengharumkan Banua di kancah permusikan baik nasional maupun internasional (aamiin !) semoga bisa menjadikan wacana nya menjadi kenyataan ya M.P.N.D !

Berikut adalah biodata pada personilnya



Nama panjang:
Muhammad Noor Fauzi Rachman

Nama panggilan:
Fauzi

Posisi :
Vokalis

Tanggal Tanggal Lahir:
Banjarmasin, 20 Juni 1994

Pekerjaan:
Swasta

Tahun aktif:
2014

Hobi :
Memainkan Handphone

Makanan kesukaan :
Mie Ayam, ikam asing telang, martabak

Kesan selama di band:
Alhamdulillah selama meniti karir dalam bermusik bersama M.P.N.D, wawasan musik menjadi semakin luas, dan dapat belajar suatu hal yang baru dalam kehidupan untuk di terapkan dalam kepribadian diri

Kesan terhadap MG:
Kesan pertama yang gua rasa ketika main di acara MG bangga bisa main di salah satu EO musik ternama di daerah sendiri dan menjadikan gua stars di atas panggung tersebut

Masukan untuk MG :
Khusus untuk panitia MG yang menyelenggarakan acara-acara. Kalau bisa penggarapan event diperbanyak agar generasi penerus bisa lebih mengekspresikan seni dalam dunia bermusik seperti arti dari kata EO MG sendiri yaitu Music Generations.


Nama panjang :
Bondan J. Pratama

Nama panggilan :
Ben

Posisi :
Guitar 1

Tanggal Tanggal Lahir :
Samarinda, 31 Mei 1994

Pekerjaan :
Mahasiswa tingkat akhir dan musisi

Tahun aktif :
2014

Hobi :
Vespaan

Makanan kesukaan :
Sate ayam

Kesan selama di band :
Punya mimpi yang sama untuk bisa bikin karya dengan jalur yang kami pilih, dan aku sangat bangga telah menjadi bagian dari itu.

Kesan terhadap MG :
EO yang berani nge-cut karna melewati batas durasi yang dikasih dan aku pribadi sangat setuju dengan itu. Salut buat ketegasan kalian.

Masukan untuk MG :
Belum nemu 😂😂


Nama lengkap :
Gusti Adi Alamsyah

Nama panggilan :
Adi

Posisi :
Guitar 2

Tanggal Tanggal Lahir :
Banjarmasin, 26 Juni 1996

Pekerjaan :
Mahasiswa, Musisi

Tahun aktif :
2014

Hobi :
Main gitar, mendengarkan musik, dan membuat wanita bahagia

Makanan kesukaan :
Nasi goreng, tempe bacem

Kesan selama di band :
Selama saya bergabung bersama M.P.N.D saya mendapatkan suatu warna dari apa itu arti musik yg sesungguhnya

Kesan terhadap MG :
Kagum juga terhadap MG yg selalu mmbuat acara yg keren dan seru, apalagi pernah menjadi Guest star diacaranya, yg pasti sangat bangga dengan MG.

Masukan untuk MG :
Tetap solid, yg pasti buat terus acara yg seru dengan tema All genre biar menghormati musik yg lain dengann tidak hanya focus pada 1 genre, tapi semua genre yg sudah ada didunia.


Nama panjang :
Ridda Bayu Pratama

Nama panggilan : 
Bayu

Posisi : 
Bassist

Tanggal Tanggal Lahir :
Balikpapan, 6 April 1991

Pekerjaan :
Mahasiswa Tingkat Akhir, Karyawan, Musisi

Tahun aktif :
2014

Hobi :
Mendengarkan musik yang unik dan koleksi sneakers

Makanan kesukaan :
Tahu dan tempe

Kesan selama di band :
Ini rumah kami dimana kami bisa berkarya dan meluapkan emosi, susah senang kami jalani bersama, saling mensyukuri dan saling menghargai satu sama lain

Kesan terhadap MG :
Sangat membantu memajukan musik indie local

Masukan untuk MG :
Lebih di tingkatkan lagi untuk memberikan kesempatan kepada band-band indie local yang baru lahir untuk di exspose.


Nama panjang :
Hilmy E. Prasetya

Nama panggilan :
Helmy

Posisi :
Keyboard

Tanggal Tanggal Lahir :
Jakarta, 3 Maret 1990

Pekerjaan :
Musisi, videographer

Tahun aktif :
2014

Hobi :
Main game

Makanan kesukaan :
Pizza

Kesan selama di band :
Mantap band post hardcore tiada dua

Kesan terhadap MG :
Baik aja

Masukan untuk MG :
Utamakan band lokal dan bayar band lokal tersebut jika memang band tersebut memiliki kualitas yang bagus agar band lokal tidak mati terutama yang berada di jalur underground. semisal di bayar Rp 50.000,- pun akan sangat berarti karena itu juga merupakan sebuah pemasukan bagi band lokal. karena untuk membuat seduah karya memang pastinmemerlukan uang. dan juga beri kesempatan untuk band baru untuk unjuk gigi. Kalau pun ingin antar band tidak timbul rasa saling iri, seleksilah dari karya mereka bukan dari uang regist mereka. kalau MG yang memulai semua ini Insyaa Allah EO lain akan menerapkannya juga.


Nama Panjang :
Rusadi Muhammad

Nama panggilan :
Ucaa

Posisi :
Drummer

Tempat tanggal lahir :
Gambut, 24 November 1992

Pekerjaan :
Nothing

Tahun Aktif :
2014

Hobi :
Sangat menyukai dengan semua yang berbau musik

Makanan kesukaan :
Gado-gado

Kesan selama di band :
Menyenangkan karena dapat banyak pengalaman bermusik yang beda dari sebelum-sebelumnya.

Kesan terhadap MG :
Fuckin cool karena bisa dan berani untuk mengundang band-band besar yang genrenya enggak mainstream.

Masukan untuk MG :
Perbanyak koneksi, aliansi, atau apalah itu haha agar bisa mengundang band-band besar bergenre enggak mainstream dalam negeri, perluas jangkauannya hingga bisa mengundang band-band bergenre enggak mainstream luar negeri (harapan mustahil tapi man jadda wajada) wkw. Dan tetap jangan lupa juga untuk "menspesial performkan" band-band indie lokal berkualitas. Sukses MG. Makasih.



Seperti band pada umumnya MPND juga memproduksi T-SHIRT Official yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pada teman-teman apabila ingin memiliki Official Merchandise My Project Never Die. T-SHIRT ini dijual secara pre-order yang dimana setiap pembelian T-SHIRT otomatis akan mendapatkan 1 CD Single MPND secara gratis.

Sekian artikel MG Poliban mengenai musik dan band anak Banua. semoga bermanfaat ! dan bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai band yang satu ini, pastikan kalian menghubungi mereka melalui :

Mobile (+62) 899-1513-572
Email helmyedolastproject@gmail.com
Serta temukan mereka di sosial media :

Youtube : bit.ly/mpnd_official
Instagram : instagram.com/mpnd_official
Reverbnation : reverbnation.com/mpnd_official
Twitter : twitter.com/mpnd_official



Penulis : Sekar a.m

Editing : Sekar a.m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar